Yaris vs Jazz vs Swift vs Sirion vs Gets

SUZUKI SWIFT

swift

Mobil Kota ‘Beraliran’ Eropa 

Berukuran kecil tidak menghalangi Suzuki Swift — compact car keluaran Suzuki yang baru diperkenalkan PT Indomobil Niaga International (PT IMNI) pada gelaran Gaikindo Auto Expo 2005 yang lalu — untuk melaju di jalan dengan rute pengetesan Jakarta-Bandung, dengan variasi tipe jalan. Yakni, melalui jalur Puncak yang menanjak dan berbukit, serta jalur highway, melewati tol Jagorawi dan tol Cipularang. Hal tersebut dibuktikan melalui test drive yang diprakarsai oleh PT IMNI.

Sepekan silam, sekitar 26 buah mobil Suzuki Swift melaju dari markas PT IMNI di Jl MT Haryono, Jakarta Selatan. Sebelum dikemudikan ke arah Puncak, mobil yang sangat kental ‘beraliran’ khas Eropa tersebut sempat mengitari beberapa ruas jalanan ibu kota. Bahkan, Monumen Nasional (Monas) pun ikut dikitari mobil yang memiliki mesin M15A DOHC – variable valve timing selain Jl Medan Merdeka Barat dan Jl MH Thamrin. Berkendara di kota Jakarta, iring-iringan mobil sempat tertahan oleh kemacetan lalu lintas. Meski demikian, kondisi para penumpang di dalam tetap merasa nyaman.

Mobil berdimensi 3.695 mm x 1.690 x 1.500 mm yang sejak awal rancangannya melibatkan desainer dari Eropa dan Jepang tersebut masing-masing ditunggangi oleh empat orang. Dua orang di depan, dan dua orang di belakang. Sekitar pukul 11 siang, mobil melaju memasuki gerbang tol Jagorawi. Dengan kecepatan sekitar 60 km/h, mobil melaju dengan licin dan gesit di atas jalan tol tersebut. Memasuki kota Bogor, melalui jalan tol Ciawi, akhirnya mobil yang memiliki tenaga maksimum 110PS/6.000 rpm itu mendatangi Jl Raya Puncak, Bogor. Meski jalanan berkelok dan menanjak, mobil dengan torsi maksimum 143 Nm/4.000 rpm itu tetap tak kehilangan tenaga maupun kelincahannya.

Mengitari keindahan jalanan Puncak, para penumpang masih merasakan kenyamanan dalam berkendaraan dengan mobil yang memiliki kecepatan maksimum 185 km/jam tersebut. Faktor keamanan pun tak perlu dikhawatirkan. Sebab, Suzuki Swift memiliki sistem pengereman yang sudah dilengkapi dengan ABS + EBD, dual SRS airbag, TECT Body, Side Impact Beam dan juga Pendestrian Protection. yakni front bumper Swift yang tidak terlalu mematikan ketika terjadi tabrakan.

Suzuki Swift memang dirancang untuk menjadi ‘mobil kota’. Namun, ternyata pemilihan rute melalui Puncak, memiliki alasan tersendiri. Seperti yang disampaikan oleh Joko Utomo, marketing general manager Suzuki Mobil, PT IMNI, kepada Republika, (8/10), ”Meski mobil kota, tapi kami sengaja memilih rute melewati puncak karena berkeinginan untuk memberi kesempatan pada para peserta test drive untuk mencoba kemampuan mobil ini.

Pertama, pada area soft and good dalam arti, dalam kota yang biasa ada trafik. Sehingga, bisa merasakan akselerasi bawah dari mobil ini,”ungkapnya. Kemudian ia menambahkan bahwa dengan melewati puncak akan memperlihatkan bahwa mobil ini kuat ditanjakkan. Sementara, penggunaan jalan tol, ditujukan untuk mencoba kecepatan maksimum dari mobil ini. ”Pada saat menggunakan tol Cikularang akan benar-benar diketahui bahwa mobil ini memang lincah, gesit dan memiliki speed yang tinggi,”katanya. Laju iring-iringan test drive sempat berhenti untuk melepas lelah di restoran Rindu Alam II. Baru kemudian sekitar pulul dua siang, perjalanan dilanjutkan lagi menuju Bumi Pasundan, Bandung.

Tiba di kota Bandung sekitar pukul 15.30 sore melalui tol Padalarang-Cileunyi. Konvoi sempat beristirahat di salah satu kantor dealer Suzuki di Jl Soekarno-Hatta, Bandung. Perjalanan dilanjutkan sekitar pukul 16.30 dengan rute menyusuri jalanan kota kembang. Di antara jalan-jalan yang dilewati adalah Jl Moh. Ramdhan, Jl Karapitan, kawasan Dago, dan Cihampelas. Rombongan test drive berhenti untuk berbuka puasa di salah satu restoran di kawasan Ciwalk, di Jl Cihampeulas. Tiba di sana. konsumsi bahan bakar adalah sekitar 24 liter dari 45 liter okupansi bensin secara penuh. Jarak yang telah ditempuh sekitar 243 km.

Sekitar pukul 20.00, mobil kembali dilajukan ke arah tol Cipularang menuju kota Jakarta. Di jalan tol mobil dikendarai dengan kecepatan rata-rata sekitar 120km/jam. Ternyata mobil terasa tetap stabil dan lincah. Setibanya di ibukota, konsumsi bensin yang digunakan untuk rute awal Jakarta-Bandung via puncak dan Bandung-Jakarta via tol Cipularang adalah sekitar 44 liter dengan jarak tempuh keseluruhan 383 km.

Mobil yang memiliki harga on the road Jabotabek Rp 155,5 juta (M/T) dan Rp 166,5 juta (A/T) memang memiliki kelincahan dan kegesitan untuk digunakan di kota besar seperti Jakarta, maupun melewati jalan menanjak yang berkelok seperti Puncak. Desain dalam mobil terlihat elegan dengan jarak antara dashboard dan kursi pengendara maupun navigator yang cukup lapang. Namun, untuk bagian belakang kelapangan tidak bisa dirasakan seperti ketika duduk di kursi bagian depan. Karena, jarak jok depan dan jok belakang relatif cukup dekat. Selain itu, sandaran kursi belakang tidak bisa distel seperti halnya kursi depan. Sehingga, penumpang harus puas dengan stelan sandaran kursi sesuai dengan rancangannya.

DIMENSIONS
Overall Length

mm

3.755

Overall Width

mm

1.690

Overall Height

mm

1.510

Wheelbase

mm

2.390

Front Tread

mm

1.470

Rear Tread

mm

1.480

Ground Clearance

mm

145

Minimum Turning Radius

m

4.7

 WEIGHT
Curb Weight

kg

1000/1060/1020/1080

Gross Vehicle Weight

kg

1.485

 ENGINE
Type

M 15A, DOHC, UUT

Number of Cylinders

4

Number of Valves

16

Displacement

cm3

1.490

Bore x Stroke

mm

78.0 x 78.0

Compression Ratio

ps/rpm

9.5

Max. Output

nm/rpm

100/6000

Max. Torque

143/4000

Fuel Distribution

Multipoint Fuel Injection

 TRANSMISSION
Type

5MT

4AT

Gear Ratio

1st

3.545

2.875

2nd

1.904

4.568

3rd

1.310

1.000

4th

0.969

0.697

5th

0.769

Reverse

3.250

2.300

Final Gear Ratio

4.105

4.144

 CHASSIS
Steering

Rack and Pinion

Brakes

Front

Ventilated Disc

Rear

Drum, Leading & Trailing Drums

Suspension

Front

MacPherson Strut & Coil Spring

Rear

Torsion Beam & Coil Spring

Tyres

185/60 R15

 CAPACITY
Fuel Tank Cap.

Litre

45

Seating Cap.

Persons

5

Luggage Cap.(Rear Seat Folded)

Litre

562

Luggage Cap.(Rear Seat Raised)

Litre

213

DAIHATSU SIRION

EKSTERIORNYA MEWAH DAN LENGKAP!

sirion

Daihatsu Sirion M MT 2008 – Sedan hatchback yang kompak ini, diperkenalkan pertengahan tahun lalu. Kehadirannya, untuk mengisi kekosongan di jajaran produk Daihatsu yang masih kosong. Secara keseluruhan mobil ini memiliki model yang baguditambah kelengkapan aksesori yang menepel pada sekujur bodi luar. Bagi yang melirik mobil kota, hatchback 5 penumpang ini boleh dipertimbangkan.(posmobil.com)

Performa Mesin & Konsumsi BBM

Mesin yang digunakan (K3-VE), DOHC, VVTi, 4 silinder segaris, berpendingin air, dengan kapasitas 1.298 cc. Sistem bahan bakar mengusung teknologi EFI (Electronic Fuel Injection). Dengan berat kosong kendaraan 930 kg, mesin tersebut mampu memberikan tenaga melimpah. Daya maksimum dihasilkan 92/6.000 ps/rpm, sementara torsi maksimum diperoleh 12,2/4.400 kg.m/rpm. Mobil bertransmisi manual 5 tingkat kecepatan yang kami test drive, kami ajak melintas di dalam kota tercatat 1:10 l/km lalu bergerak menuju tol kearah Cipularang dengan arus lalulintas lancar konsumsi bahan bakar berhasil mencapai 1:15 l/km. Akselerasi 0 – 100 km/jam membutuhkan waktu 11-an detik dengan performa cukup baik. Artinya, saat pedal gas diinjak dari posisi diam hingga melaju akselerasi mesin tidak lambat.

Model Eksterior & Interior

Dari segi tampilan eksterior tampaknya PT Astra Daihatsu Motor pintar menarik simpati konsumen untuk melirik Sirion. Karena selain modelnya unik dan modern juga didukung kelengkapan aksesori dan teknologi lengkap. Sebut saja, sebut saja sepasang lampu kabut yang menempel di bemper depan, lampu utama dan belakang menggunakan LED yang dapat menyala lebih cepat untuk menambah faktor keselamatan disamping lebih bergaya. Disamping itu, bagian belakang dipermanis dengan spoiler atap, wiper kaca belakang, talang air (side visor), serta spion elektrik dengan lampu sein dan side body moulding membuat kesan mewah kendaraan yang terdiri dua versi ini manual dan otomatis.
Sedangkan ruang interior, terdapat sistem audio terintegrasi CD player dengan 2 speaker depan namun sayang, panel indicator speedometer tampak biasa saja berwarna merah terasa kurang nyaman untuk mobil modern. Kami, merasakan sedikit nyaman saat duduk diatas jok dengan busa empuk.

Fitur Unggulan

Terdapat immobilizer dan tilt steering (sistem pengaturan kemudi yang dapat disesuaikan postur tubuh).

Kenyamanan

Suara di luar interior masih terdengar jelas akibat dan begitu juga dengan bantingan suspensi yang kaku membuat penumpang jadi kurang merasa nyaman. Tapi, satu hal ruang kabin Sirion terbilang luas. Membawa barang berlebih, tak menjadi soal karena kursi belakang bisa dilipat sampai rata dengan mudah dan cepat.

Resale Value & Jaringan Purna Jual

Mobil bekas masih jarang dipasaran, kalau pun ada harganya masih cukup stabil. Jaringan purna jual mobil asal Daihatsu ini tentu tidak diragukan, selain bengkel servis banyak, suku cadang yang tersedia melimpah dan relatif terjangkau.

Kompetitor :

Honda Jazz 1.5 i-DSI
  • Mesin 1.5L, SOHC, 4 silinder segaris, 8 katup i-DSI, 1.497 cc
  • Daya maks 87/5.500 Ps/rpm
  • Torsi maks 128/2.700 Nm/rpm

 Suzuki Swift ST MT

  • Mesin M15A, DOHC, VVT, 4 silinder, 16 katup, 1.490 cc
  • Daya maks 100/6.000 Ps/rpm
  • Torsi maks 143/4.000 Nm/rpm

 

PENILAIAN POSMOBIL SIRION M MT
Kelebihan Akselerasi bagus, model modern
Kelemahan Suspensi agak keras
Spesifikasi Sirion 1.3 M/T
Tipe mesin K3_VE DOHC, VVTi, 16 katup
Isi silinder 1.298cc
Torsi maksimum 12.2/4.400 Nm/rpm
Daya maksimum 92/6.000 ps/rpm
Bahan bakar – jenis Bensin tanpa timbale
Bahan bakar – system System injeksi bahan bakar elektronik
Kapasitas tangki 40 L
Panjang 3.720 mm
Lebar 1.665 mm
Tinggi 1.550 mm
Jarak sumbu 2.440 mm
Jarak pijak depan 1.455 mm
Jarak pijak belakang 1.465 mm
Berat kosong 930 Kg
Suspensi depan MacPherson Strut dengan Pegas Koil & Stabilizer
Suspensi belakang Torsion Beam dengan Per Keong
Rem depan Cakram berventilasi dengan Booster
Rem belakang Drum,Leading & Trailing
Ukuran ban 175/65 R14

Untuk Lebih lengkapnya klik DAIHATSU SIRION

Hyundai Getz

gets

TEST DRIVE
Hyundai Getz Melesat Gesit

JAKARTA – Jika melihat desain keseluruhannya, Hyundai Getz menjanjikan kenikmatan berkendara. Apalagi di Jakarta yang kondisi jalan rayanya tak pernah lengang. Tapi “kakak” dari Atoz ini sedikit lebih besar. Bodinya mungil sehingga masih bisa digolongkan ke dalam city car, walau sebenarnya lebih pas sebagai mini MPV. Mobil ini cukup populer di Eropa dan di sana menyandang nama Click.
Ruang kabinnya termasuk lega. Interiornya terkesan mewah dan nyaman. Panel meter pada dashboard mudah terbaca dan cantik. Kedudukan roda kemudi di depannya tak menghalangi pandangan. Panel meter yang berbentuk bulat ini didesain dengan iluminasi berwarna biru (menyala biru) di sekeliling angkanya. Pengendara dengan mudah membaca speedometer, tachometer, dan indikator bahan bakar. Di sebelah kanan tachometer, terlihat dua indikator pintu penumpang dan bagasi. Panel akan menyala jika pintu belum tertutup rapat.
Duduk di depan kemudi serasa duduk di dalam sedan. Getz tampaknya memperhitungkan faktor ergonomi pada desain interiornya, sekaligus estetika dan mutu material untuk menciptakan ruang kabin senyaman-nyamannya, namun aman.
Kelebihan yang menjadi catatan adalah ruang di bawah kemudi yang cukup leluasa sehingga memudahkan gerakan kaki dalam mengoperasikan Getz yang bertransmisi manual ini. Jarak tempat duduk depan dan belakang, oke. Artinya, kaki penumpang belakang masih leluasa bergerak. Berbeda dengan Atoz, yang memiliki jarak lebih pendek sehingga jika terlalu lama duduk di kursi belakang, kaki penumpang pegal-pegal.
Getz yang mengusung mesin 1300 cc ini ternyata gesit di jalan raya. Perpindahan dari gigi 2 ke 3 akselerasinya luar biasa. Kecepatan semakin berkembang lagi ketika lari di jalan bebas hambatan. Pada kondisi jalan setengah macet, mobil ini bisa diandalkan karena lincah bermanuver. Pada kecepatan tinggi dan di jalan bergelombang, keseimbangannya terjaga baik.
Mobil ini lincah. Hyundai memang merancangnya untuk membidik kaum muda yang dinamis. Dimensi mobil ini memang mendukung untuk melakukan manuver meliuk, ketika menyusul mobil di depannya dan berbelok dalam kecepatan sedang. Dalam posisi terjepit di tengah iring-iringan, Getz mudah melepaskan diri dari kepungan kendaraan. Jarum speedometer dengan cepat menyentuh 120 km/jam.
Faktor keamanan yang dimiliki Getz memang memberi rasa percaya diri pengendara dalam mengemudikannya. Mobil ini memiliki perlindungan ganda untuk mengurangi risiko pengemudi dan penumpang terhadap efek benturan. Penerapan teknologi terkini pada bodinya yang disebut Hyundai Advanced Integrated Safety Technology (HAIST), mampu menyerap dan sekaligus mendistribusikan energi benturan ke seluruh struktur bodi. Faktor keamanan ini diperkuat lagi dengan Door Side Impact Bar yang terbuat dari baja pada keempat pintunya untuk perlindungan samping.
Faktor lainnya yang juga memberi andil rasa aman adalah adanya sabuk pengaman pada seluruh kursi. Jika terjadi benturan keras dari depan, batang stir bisa terlipat/patah untuk meminimalkan risiko bagi pengemudi.
Catatan lain yang menjadi kelebihan Getz adalah pemakaian jenis bahan bakarnya cukup diisi dengan jenis leaded saja atau premium. Terbukti mobil ini mampu berlari kencang dan tanpa ngelitik. Ini berbeda dengan kompetitornya yang ngambek mesinnya jika diisi bukan dengan unleaded (pertamax atau pertamax plus).

Untuk lebih lengkapnya klik HYUNDAI GETZ

Toyota Yaris

yaris

PAS BUAT KAWULA MUDA

Toyota Yaris 1.5 S Limited AT 2008 — Kesan sporty dengan mengedepankan unsur gaya coba ditawarkan Toyota Yaris tipe S Limited otomatis yang telah kami uji kemampuannya di jalan raya ini. Memang sedari awal peluncuran 2006 silam, PT Toyota Astra Motor menyasar sedan kompak tanpa ‘buntut’ itu ditujukan buat kawula muda yang memiliki karakter, dinamis serta kreatif. (posmobil.com)

Performa Mesin & Konsumsi BBM

Dapur pacu yang digunakan pada semua tipe Yaris hanya satu yaitu unit (1 NZ-FE), IL 4 silinder, 16 katup, DOHC, VVTi, berkapasitas 1.497 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 109 Ps di kecepatan 6000 Rpm sedangkan torsi maksimum tercatat 14,4 Nm pada 4200 Nm/rpm. Pada tipe ini kinerja transmisi otomatis dikontrol secara elektronik dengan super ECT (Electronic Controlled Transmission) sehingga perpindahan gigi rendah hingga tertinggi lebih halus, selain itu membuat pengendalian lebih nyaman baik di jalan menurun maupun menanjak (posisi gigi akan dipertahankan). Performa mesin cukup responsive saat berakselerasi pada putaran bawah dan atas, meski top speed hanya mampu dibejek sampai 140 km/jam. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya terbilang irit, diajak berkeliling di dalam kota 1:12 l/Km, dan pemakaian luar kota mencetak 1:15 l/Km.

Model Eksterior & Interior

Modelnya, yang aktraktif, dinamis juga sporty seakan memberikan pesan ‘penonjolan’ jati diri si pemiliknya terutama bagi kawula muda. Pada tipe ini dilengkapi spion sein, wiper kaca belakang, serta lampu kabut. Masuk ke dalam kabin sentuhan futuristik terlihat di dasbor dengan panel instrument lengkap di tengah sehingga berefek pada jarak pandang pengemudi lebih luas. Model kursinya dapat menopang tubuh dengan baik (5 penumpang, red).

Fitur Unggulan

Berbeda dengan tipe lainnya dari jajaran Yaris, tipe S AT limited sudah mengaplikasi smart start system alias tombol start / off mesin untuk menghidupkan kendaaan secara mudah. Disamping itu terdapat smart entry berguna sebagai remote untuk membuka dan mengunci kendaraan. Masih ada system keselamatan memadai dual airbags bagi penumpang depan. Keamanan berkendara didukung teknologi rem ABS (Antilock Brake Assist) dengan EBD (Electronic Brake Distribution) dan BA (Brake Assist) berguna mencegah keempat roda terkunci saat melaju di jalan llicin dan mendistribusikan tenaga yang dibutuhkan ke setiap roda.

Kenyamanan

Sudah dilengkapi system audio terintegrasi 2 DIN, dengan pemutar CD, MP3, dan WMA. Lantas kenyamanan berkendara saat melewati jalanan bergelombang, tak terasa body roll berlebih. Suspensi kombinasi MacPherson strut dengan pegas koil dan stabilizer pada depan dan torsion beam dangan pegas koil di belakang membuat bantingan suspensi lembut.

Resale Value & Jaringan Purna Jual

Pantauan posmobil.com sejauh ini untuk tipe S Limited AT masih jarang dijumpai di bursa mobkas. Kalau pun ada harganya lumayan terkoreksi jauh dari banderol baru. Namun, soal ketersediaan suku cadang dan bengkel servis tersedia di seluruh penjuru nusantara.

Kompetitor :

Honda Jazz 1.5 AT VTEC ABS
  • Mesin SOHC, 4 silinder segaris, 16 katup, 1.497 cc VTEC
  • Daya maks 110/5.800 Ps/rpm
  • Torsi maks 143/4.800 Nm/rpm

 Suzuki Swift ST AT M15A, DOHC, VVT, 4 silinder, 16 katup

  • Mesin M15A, DOHC, VVT, 4 silinder, 16 katup, 1.490 cc
  • Daya maks 100/6.000 Ps/rpm
  • Torsi maks 143/4.000 Nm/rpm

 

PENILAIAN POSMOBIL Yaris 1.5 S AT Limited
Kelebihan Hemat bahan bakar, performa bagus
Kelemahan Tidak menjangkau semua kalangan
Spesifikasi Yaris 1.5 S AT Limited
Tipe mesin IL 4 silinder, 16 katup, DOHC, VVTi
Isi silinder 1,497 cc
Torsi maksimum 14,4/4.200 Nm/rpm
Daya maksimum 109/6.000 ps/rpm
Jenis bahan bakar Bensin tanpa timbal
Sistem bahan bakar Sistem injeksi elektronik
Kapasitas tangki 42 L
Panjang 3,750 mm
Lebar 1,695 mm
Tinggi 1,520 mm
Jarak sumbu 2,460 mm
Jarak pijak depan 1,470 mm
Jarak pijak belakang 1,460 mm
Berat kosong 1,055 Kg
Transmisi 4 otomatis dengan super ECT
Ukuran ban 185/60 R15

untuk lebih lengkapnya klik TOYOTA YARIS

Honda Jazz
jazz

akarta – PT Honda Prospect Motor akhir Juni lalu meluncurkan Honda Jazz VTEC, sebagai varian baru mobil sporty yang laris bak kacang goreng ini.

Bila selama ini Jazz dikenal sebagai mobil irit bahan bakar, untuk tipe VTEC tampaknya tidak demikian, meski tetap dalam ukuran mobil yang hemat bahan bakar.
Sebagai penikmat mobil, SH berkesempatan menguji kendaraan tersebut (test drive) dengan mengambil rute Jakarta-Garut pp pada akhir pekan lalu. Kesan pertama ketika berada di balik kemudi mobil ini adalah compact tapi luas. Berbagai indikator yang terpampang di dashboard memang tidak seramai produk Honda yang ada di kelas atasnya, namun ternyata mobil ini banyak mengandung kecanggihan teknologi, dan itu teruji selama test drive.
Tentu saja SH ingin tahu keunggulan teknologi VTEC (Variable Valve Timing and Electronic Control System) pada mesin 1,5 liter yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 110 PS. Ketika diuji di jalan tol Jakarta-Cikampek, jelas tenaga yang dihasilkan oleh mesin sangat responsif, tarikan sangat kuat, dan tidak terasa kehabisan tenaga ketika dibutuhkan untuk berakselerasi dengan cepat.
Kekuatan mesin ini juga sangat terasa ketika harus berakselerasi di tanjakan Nagrek yang kerap macet dan antre, tanpa harus menggunakan transmisi manual. Perpindahan gigi terasa sangat halus.
Menurut keterangan teknis, dengan teknologi VTEC tenaga mesin jadi maksimal dan penggunaan bahan bakar menjadi efisien berkat pengaturan kerja intake valve, dimana rpm rendah hanya satu intake valve yang bekerja, sedangkan pada rpm tinggi kedua intake valve berfungsi bersamaan. Sistem ini mampu menyesuaikan tinggi (lift) dan durasi (timing) bukaan katup (intake valve) pada putaran mesin rendah (torque)– tinggi (power).
Hal lain yang sangat terasa nyaman dari Jazz VTEC adalah perpindahan gigi dari transmisi otomatis yang sangat lembut. Ini berkat teknologi Continous Variabel Transmission (CVT) yang memberikan rasa nyaman dalam berkendara karena hentakan ketika terjadi pergantian gigi otomatis (shift shock) hampir tidak terasa. Hal ini juga menyumbang pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.
Dalam keterangan yang dikeluarkan Honda, sistem transmisi otomatis konvensional bekerja secara bertahap, sedangkan sistem CVT berkerja dari posisi diam ke kecepatan maksimun secara halus dan tanpa terputus. Dengan terus-menerus mencocokkan rasio ideal transmisi dengan kinerja mesin, performa mesin kendaraan menjadi efisien baik dalam pengoperasian moda “D” untuk kondisi jalan raya, maupun mode “S” untuk performa yang lebih sporty.
Pengendara pun dapat memilih akan menggunakan transmisi otomatis atau manual 7 tingkat kecepatan. Sistem canggih ini dapat dipilih dengan cara menekan tombol master control yang terletak di bawah steering wheel spoke sebelah kanan.
Display digital pada instrumen panel akan langsung menyala untuk memberitahukan posisi roda gigi virtual (1-7). Secara otomatis Jazz akan memindahkan roda gigi virtual sesuai keinginan pengemudi. Pengemudi juga dapat memindahkan naik atau turun secara manual hanya dengan menekan salah satu dari kedua tombol (+) ataupun (-) yang terdapat pada kemudi.
Memang SH tidak menjajal menggeber hingga kecepatan maksimal, karena bagaimana pun ketika kecepatan telah mencapai 160 km/jam mobil mulai terasa melayang dan kurang mantap, meski pedal gas masih tersisa banyak dan menunggu ditekan.
Secara keseluruhan, menempuh jarak sekitar 420 km, Honda Jazz VTEC hanya menghabiskan bahan bakar 35 liter premium, atau rata-rata 1 liter 12-13 km, dengan kecepatan rata-rata 100-120 km/jam. Bolehlah…

 

 

spek jzz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s